Kamis, 16 Desember 2010

pengertian hacker dan cracker

Dalam dunia internet terdapat orang orang yang mempunyai keahlian pemrograman internet. Baik untuk sendiri maupun orang lain, untuk tujuan yang baik dan tidak baik, yang disebut hacker dan cracker.

1. Hacker
Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata - rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar "cracker".

2. Cracker
Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem.

Ada beberapa tingkatan hacker dari yang paling mahir yaitu: Elite, Semi Elite, Developed Kiddie, Script Kiddie, Lamer. Sedangkan cracker tidak mempunyai tingkatan khusus karena sifatnya hanya membongkar dan merusak.

Karena hacker bertujuan demi perkembangan dunia internet, walaupun tidak tertulis mereka mempunyai kode etik dan aturan main yang jelas diantara sesama hacker, sedangkan cracker tidak.

Hacker dan cracker mempunyai beberapa perbedaan yaitu :
Hacker mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs untuk disempurnakan. Sedangkan cracker digunakan untuk keperluan yang bersifat negatif/destruktif.
Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. Sedangkan cracker berusaha untuk dapat merusak/membobol program orang lain untuk kepentingannya sendiri.
Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar